Monday, May 6, 2013

CARA MUDAH MENGHADAPI ANAK NGAMBEK


Cara mudah menghadapi anak ngambek
           
       Bunda pasti khawatir jika sang anak tercinta mempunyai kebiasaan suka ngambek dan sulit untuk diajak komunikasi (Kompromi), sedikit saja hal yang tidak sesuai dengan kehendaknya ia cepat emosi dan segera mengurung diri di kamar. Berikut saya mencoba untuk berbagi pengalaman dalam Cara mudah menghadapi anak ngambek
        Sebenarnya apa sih ngembek itu? Ngambek ialah ekspresi emosi ketidak puasan terhadap sesuatu. Tentu saja kebiasaan ini tidak baik karena akan mengakibatkan anak sulit bergaul, merasa terisolir, dan tidak mempunyai banyak teman, hal ini dapat mengganggu perkembangan sosial dan psikologinya, terutama kecerdasannya dalam mengelola emosi.
     Namun bunda jangan terburu-buru menyalahkan anak, bisa jadi kebiasaanya ini merupakan hasil dari didikan kita yang tanpa kita sadari menyebabkan ia mempunyai kebiasaan tersebut. Lalu bagaimana cara  mudah menghadapi anak ngambek ?

Pengalaman saya dalam Cara mudah menghadapi anak ngambek

1.      Bersikaplah yang tenang
Karena keterbatasannya dalam berkomunikasi sering kali anak mengungkapkan perasaannya dengan melakukan hal-hal yang dapat menarik perhatian orang tuanya, berharap orang tuanya cepat meresponsnya baik itu respons yang positif maupun negatif (marah), karena bagi anak lebih baik dimarahi dari pada tidak diperhatikan.
Saat sang anak sudah mulai ngambek jangan segera merespons, jika bunda segera meresponsnya maka sang anak akan menggunakan ngambek sebagai jurus jitu untuk menarik perhatian bunda, biarkan anak beberapa saat hingga ia menyadari bahwa sikapnya tidak dapat menarik perhatian bunda.
Jika bunda mulai terpancing untuk marah, tarik nafas yang panjang tenangkan diri, karena jika bunda menghadapinya dengan amarah maka justru akan memperparah kebiasaannya.

2.      Fahami perasaannya
Setelah bunda membiarkannya beberapa saat, hampirilah tunjukkan bahwa anda menyayanginya, peluk tubuh mungilnya dan tanyakan perasaannya “adik kenapa?” “bunda nakal !!!, adik nggak boleh minum es, padahal temen-temen adik minum es tadi”. Fahami perasaannya dan jangan menyalahkan sikapnya “tadi bunda nakal? Bunda minta maaf ya?” tatap matanya “adik pengen banget minum es? Sama seperti teman-teman adik ya?” jika anak menjawab, itu tandanya ia sudah dapat diajak berbicara

3.      Ajak anak untuk menemukan solusi
Allah telah menciptakan manusia dengan sempurna termasuk untuk menemukan jalan keluar dari masalahnya. Bimbing anak untuk mencari solusi atas masalah yang mereka hadapi “coba lihat ke atas ada burung kecil, hebat ya bisa terbang, adik pengen bisa terbang nggak?” “emang adik bisa terbang? Kan adik nggak punya sayap?” “adik memang tidak punya sayap tapi adik bisa terbang tanpa sayap, hebatkan?” “mau mau adik mau bisa terbang setiap hari, bagaimana caranya bunda” “wah...terbang setiap hari? kalau begitu adik jadi pilot aja, biar bisa terbang setiap hari. Pilot itu orang yang mengendalikan pesawat, dan dia harus pintar” “aku mau pintar biar bisa jadi pilot” “kalau begitu adik tidak boleh sakit biar bisa terus sekolah dan menjadi pintar” “kemarin si ujang nggak masuk sekolah karena sakit” “kenapa dia sakit?” “karena waktu istirahat dia minum es jadi pilek deh” “waduh....adik masih mau minum es?” “enggak ah...nanti sakit, malah nggak bisa sekolah, bagaimana bisa jadi pilot nanti”

4.     Berikan pujian yang tulus
Setelah anak mampu menyelesaikan sendiri masalahnya, jangan lupa beri pujian. Karena pujian merupakan suntikan energi untuk dapat membangkitkan semangatnya untuk menjadi lebih baik.
“Subhanallah adik pintar, memilih tidak minum es agar adik pintar dan bisa jadi pilot” jangan lupa peluk dan cium ya bunda...,dijamin anak anda akan tambah sayang pada bunda, dan akan lebih mudah untuk diarahkan


5.   Mengoreksi Diri

      Yang penting dilakukan oleh orang tua adalah mengoreksi diri, bisa jadi kebiasaan ngambek pada anak adalah buah dari cara kita bersikap pada anak yang menjadikan mereka lebih mengambil sikap ngambek dari pada yang lain.


Terimakasih bunda atas perhatiannya semoga info tentang Cara mudah menghadapi anak ngambek dapat membantu bunda saat menghadapi anak ngambek

No comments: